Jumat, 09 Agustus 2019

Solid Berjangka | Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini - Solid Berjangka 

SOLID BERJANGKA PALEMBANG - Rupiah diprediksi  diperdagangkan fluktuatif di level Rp14.175 per dolar AS hingga Rp14.240 per dolar AS, pada Jum'at (09/08/2019), tetapi akan ditutup melemah tipis akibat data NPI dan CAD yang diproyeksi melemah.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa para investor akan sangat mencermati data NPI, terutama di pos transaksi berjalan, yang direncanakan dirilis pada Jumat.

Pasalnya, Bank Indonesia memperkirakan defisit transaksi berjalan pada kuartal II/2019 akan lebih dalam dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.Rupiah pada perdagangan kali ini juga mendapat dukungan dari turunnya suku bunga beberapa bank sentral dunia, seperti India, Thailand, dan Selandia Baru pada pekan ini.

Kemudian, rilis data ekspor China pada Juli yang berhasil tumbuh 3,3%, jauh membaik dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang terkontraksi 1,3%, telah membantu melemahkan dolar AS.

Akibatnya, penguatan rupiah juga diikuti oleh mata uang kelompok Asia yang berhasil naik melawan dolar AS.Belum lagi, harapan The Fed dapat kembali memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dalam pertemuannya September mendatang, setelah melihat  kondisi ekonomi global yang terus memburuk akibat ketidakpastian perang dagang dan Brexit.

Sehari menjelang rilis data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal II/2019, rupiah berhasil ditutup menguat tipis pada perdagangan Kamis (8/8/2019) didorong oleh penurunan suku bunga beberapa bank sentral di dunia.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup menguat tipis 0,084% atau 12 poin menjadi Rp14.213 per dolar AS. - SOLID BERJANGKA

Baca Juga : 

0 komentar:

Posting Komentar